Apa itu Interpersonal Skill? Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Interpersonal Skills – pict by Pexels

Pengertian Interpersonal

atau yang sering disebut Interpersonal Skill menjadi salah satu soft skills yang paling dibutuhkan saat ini. Selain di dunia kerja nanti, keterampilan interpersonal juga penting dalam kehidupan kita sekarang, sobat Maksimers.

Kenapa bisa gitu? Mari kita pelajari apa itu Interpersonal Skill, pengertiannya, manfaat, dan cara meningkatkan soft skill ini.

Pengertian Interpersonal Skill

Laman Interpersonal Skills Education mengutip beberapa pengertian interpersonal skill menurut para ahli. Tiga diantaranya adalah sebagai berikut;

– Menurut Bierman dan Suchy, interpersonal skill adalah salah satu faktor penting bagi keberhasilan seseorang dalam meniti kehidupannya.

– Menurut Spitzberg dan Cupach, interpersonal skill adalah kemampuan seseorang untuk melakukan komunikasi yang efektif.

– Menurut Jerving, interpersonal skill adalah kemampuan untuk membangun dan menjaga hubungan yang efektif.

Jadi, apa itu interpersonal skill? Dari berbagai pengertian interpersonal skill menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa interpersonal skill adalah kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi.

Kalau minmax mau simpulkan, Interpersonal Skill sendiri artinya kemampuan kita dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berhubungan dengan orang lain.

Manfaat Interpersonal Skill

Apa manfaat keterampilan interpersonal bagi kita saat ini? Sangat banyak.. Misalnya: Dalam dunia kerja, keterampilan interpersonal membuat kita mampu bekerja sama dengan orang lain entah itu rekan kerja, klien, atau atasan. Dalam dunia sosial, keterampilan interpersonal membuat kita mampu membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan keluarga dan teman, karena kita mampu berkomunikasi dan memahami perasaan maupun ide-ide mereka. Kemampuan interpersonal pula yang membuat kita mampu bersikap toleran, memiliki empati, dan menghargai orang lain. Bahkan, cara kita menyampaikan dan menerima kritik pun dipengaruhi oleh keterampilan interpersonal yang kita miliki.

Karena berkaitan dengan hubungan kita dengan orang lain, interpersonal skill dikenal juga sebagai social skill atau people skill. 

1. Berkomunikasi secara efektif

Komunikasi efektif adalah bagaimana cara kita mengomunikasikan ide, pendapat, dan apa yang kita rasakan. Baiknya kemampuan komunikasi tidak hanya ditentukan oleh pesan verbal yang kita sampaikan, tapi cara kita menyampaikannya secara non verbal juga sangat menentukan. Intonasi suara, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah kita mampu menyampaikan pesan yang sama pentingnya dengan kata-kata yang diucapkan.

2. Empati

Seseorang yang memiliki empati mampu memahami apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh orang lain. Nah, orang-orang dengan kemampuan ini selalu mampu membawa suasana yang positif bagi sekitarnya. Itulah kenapa orang dengan empati yang tinggi mudah bergaul dan memiliki banyak teman.

3. Mampu Mendengarkan

Listening Skill atau Kemampuan mendengarkan di sini bukan hanya “sekedar” mendengar. Tapi kita bisa menempatkan diri untuk “Aktif Mendengarkan”, mendengar ketika seseorang sedang bercerita, atau membahas suatu topik.

  • Mendengar
  • Menyimak
  • Memahami
  • Memberikan Feedback, tanda kamu memahami cerita yg disampaikan

4. Problem Solving

Problem Solving: Kemampuan untuk memecahkan Masalah. Seseorang dengan kemampuan problem solving yang baik biasanya mampu berpikir kritis dan bernalar. Akhirnya berdampak pada pemecahan setiap permasalahan, apapun itu. Dan ini sangat dibutuhkan dalam perusahaan manapun.

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

1. Melatih Kemampuan Active Listening

Seperti yang dibahas di atas, mendengar bukan hanya “sekedar” mendengar, tapi memberikan perhatian penuh pada lawan bicara dan fokus pada pesan yang disampaikan, dan mencoba untuk memahami konteks dari pesan yang disampaikan.

2. Belajar berkomunikasi secara efektif

Pelajari cara berbicara dengan jelas, dan asertif. Latih komunikasi kamu dengan cara berbicara dengan teman, sahabat, keluarga, kolega, setelah itu efektif dan sopan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top