Apa itu Mental Blok dan cara mengatasinya

Source Pict : Canva

Mengenal Mental Block, Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Pernahkah kamu merasa tiba-tiba tidak bisa berpikir? Secara mendadak, kamu merasa tidak bisa memikirkan sebuah ide ketika diminta. gak bisa mengerjakan sesuatu, atau tiba-tiba kamu malas menyelesaikan sebuah pekerjaan. Hati-hati, ini adalah salah satu pertanda kamu mengalami mental block.

Dalam perjalanan menuju kesuksesan dan kreativitas, tidak jarang seseorang mengalami hambatan yang dikenal sebagai “Mental Block”. Fenomena ini dapat menghambat produktivitas, kreativitas, dan kinerja secara umum.

Pahami lebih dalam mengenai apa itu mental block, jenis-jenisnya, serta ciri-cirinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita tahu cara mengatasinya.

Pengertian Mental Block

Mental block adalah sebuah kondisi yang cukup berbahaya jika dilihat dengan kacamata psikologi karena banyak ahli sudah mendeskripsikan kondisi ini sebagai salah satu upaya penolakan atas sejumlah aksi karena kurangnya rasa percaya diri.

Mental block memungkinkan adanya penolakan pada otak yang mana tubuh pun tentu saja akan bereaksi sehingga berakibat pada terhambatnya segala macam aktivitas, inovasi, motivasi, hingga ide sulit untuk didapatkan ketika kita berada pada kondisi ini.

Saat kamu mengalami mental block maka tentunya hal ini akan sangat merugikan serta akan mengganggu kamu baik itu dalam aktivitas ataupun pekerjaan dan menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja.

Ciri-ciri kamu mengalami mental blok

Nah, gimana sih caranya mengukur diri kita sedang terkena Mental Block?
Mudah banget. Biasanya seseorang yang mengalami Mental Block pasti ngalamin ciri di bawah ini:

  • takut sukses,
  • takut gagal,
  • tidak berani mencoba hal baru,
  • rasa malas,
  • selalu merasa khawatir,
  • ragu sama kemampuan diri,
  • perasaan cemas berlebihan,
  • hobinya suka menunda-nunda,
  • inner konflik,
  • rasa rendah diri,
  • tidak percaya diri,
  • perasaan tidak berharga,
  • selalu ngerasa tidak mampu,
  • perfeksionis,
  • fix Mindset, dll

Dampak mental blok

Ini dia dampak dari Mental Block kalau kamu tidak segera atasi

  • Kekakuan Pikiran: Kesulitan dalam berpikir fleksibel dan mencari alternatif solusi.
  • Penurunan Produktivitas: Kinerja menurun dan kesulitan menyelesaikan tugas-tugas rutin.
  • Kesulitan Mengambil Keputusan: Terjebak dalam analisis berlebihan dan sulit memutuskan.
    Prokrastinasi Berlebihan: Terus menerus menunda pekerjaan tanpa alasan yang jelas.
  • Kesulitan Mengatasi Tantangan.
  • Frustrasi dan Stres: Perasaan frustrasi karena tidak bisa melewati hambatan mental.
  • Ketidakmampuan Beradaptasi: Tidak mampu beradaptasi dengan perubahan situasi atau lingkungan.

Cara ampuh mengatasi mental blok

Cek Video cara atasi Mental Blok di Youtube Maksimalindiri

1. Ambil waktu untuk beristirahat

Biasanya mental blok disebabkan oleh pekerjaan yang kian banyak dan menumpuk. Kalau kamu duduk lama dalam bekerja, dan mulai mengalami mental block, alangkah baiknya untuk beristirahat sejenak. Apabila kamu memaksakan diri untuk bekerja meski sedang mengalaminya, hal tersebut membuatmu malah tidak produktif.

2. Ubah suasana

Kebanyakan kita sering bosan dengan suasana, lingkungan, ataupun tempat kerja dimana kita berada. Terkadang pikiran kita hanya membutuhkan suasana yang baru, makanya ada orang yang rela pergi ke luar negeri untuk mendapat suasana baru. Coba pindah ke tempat yang berbeda, ubah suasana, atau mengatur ulang ruangan, untuk mendapatkan suasana baru, dan pikiran yang fresh.

3. Hindari Mulitasking

Terlalu banyak pekerjaan (Multitasking) biasanya bakal memecah fokus, dan menghabiskan cukup banyak energi. Mulai sekarang, coba fokus untuk mengerjakan satu tugas sampai selesai, baru pindah ke tugas yang lain. Kamu juga bisa memulai untuk mengerjakan hal-hal yang kecil terlebih dahulu, jika dibutuhkan, agar supaya kamu bisa melanjutkan ke tugas yang lebih besar.

4. Bergerak dan Berolahraga

Biasanya mental blok ini juga dialami oleh mereka yang bekerja di kantoran, freelance, ataupun mereka yang selalu berada di depan layar laptop. Dan aktivitas seperti ini sangat menguras energi. Karna itu sesekali kita bisa mencoba aktivitas fisik seperti berolahraga, minimal jalan ke depan rumah, atau ke taman; karna ini bisa meningkatkan aliran darah ke otak, dan merangsang pemikiran kreatif, & meningkatkan konsentrasi.

5. Praktekkan Relaksasi & Meditasi

Ketika kita mengalami mental block, entah karena banyaknya pekerjaan, atau tugas yang menghambat ide, kita butuh untuk menenangkan diri. Cobalah dengan merilekskan pikiran, dengan melakukan meditasi. Teknik ini bisa bantu mengatasi kecemasan dan memperbaiki konsentrasi.

Nah, itu adalah informasi seputar apa itu mental block yang perlu kamu waspadai. Jika kamu mengalami hal ini dan sulit dikendalikan, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater profesional.

Ohya, kalau kamu pengen belajar lebih lanjut tentang Cara Menghancurkan Mental Blok, kamu bisa belajar bareng dengan member Maksimalindiri di Kelas Breaking Mental Block. Cek linknya di bawah ini untuk bergabung dengan member-member Maksimalindiri..

Course Breaking Mental Block

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top