4 Tipe Kepribadian Manusia

Manusia mempunyai karakter yang berbeda-beda dan unik. Karakter atau kepribadian manusia bisa dipelajari dan diubah, bergantung dengan lingkungannya.

1.Sanguinis

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis memiliki keoptimisan tinggi, riang, dan semangat. Tipe ini menyukai petualangan dan mudah mencairkan suasana. Dia yang suka berinteraksi dengan orang lain mampu berkomunikasi dan berbicara dengan baik sehingga terkenal energik dan akitf.

Si sanguinis terkenal bisa menjadi pemimpin yang efektif berkat kesukaannya terhadap tantangan dan perubahan. Ia juga memiliki keinginan yang kuat dalam mencapai perubahan dan memiliki keingintahuan tinggi.

Dengan emosi yang stabil, sanguinis mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan baik. Akan tetapi terkadang sifatnya yang ceroboh muncul terutama dalam menaruh barang. Selain terkenal kurang disiplin dan kurang rapi, sanguinis juga terkadaang mudah terpengaruh lingkungan.

2.Koleris

Orang dengan kepribadian koleris biasanya orang yang sangat berorientasi pada tujuan, kerja keras, dan pencapaian. Koleris dianggap sebagai tipe kepribadian yang aktif, ambisius, dan kompetitif. Mereka cenderung menjadi pemimpin dan mengejar kesuksesan dengan tekun.

Koleris juga dianggap sebagai tipe yang cepat marah dan tidak sabar. Terkadang ia menjadi kritis terhadap diri sendiri dan orang lain. Pribadi ini kurang berbasa-basi atau membahas sesuatu yang kurang penting. Selain itu cenderung angkuh dan seenaknya sendiri. Namun, jika dikelola dengan baik, koleris dapat menjadi pemimpin yang efektif dan sukses dengan sikap kerja kerasnya.

3.Melankolis

Orang dengan kepribadian melankolis tidak jauh berbeda dengan kepribadian koleris dalam hal bekerja. Selain berorientasi pada capaian, ia juga punya tanggung jawab tinggi. Melankolis adalah pribadi yang tekun dan teliti, kritis dan konsisten, analitis dan perhatian terhadap detail. Cenderung perfectionust, melankolis memiliki standar yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain.

Rasa empati yang tinggi pada diri melankolis membuatnya jadi pribadi yang peka disamping punya daya ingat yang baik. Saking baiknya daya ingatnya, melankolis susah melupakan kesalahan orang lain.

Melankolis lebih suka menyendiri sehingga terkenal introvert. Terkadang melankolis kurang fleksibel dan kaku sehingga orang ragu untuk membuka topik obrolan dengannya.

4.Plegmatis

Tipe kepribadian plegmatis biasanya adalah orang-orang yang cinta damai. Orang plegmatis suka menghindari konflik dan suka jika hidupnya tenang. Baiknya plegmatis suka menyenangkan orang lain dengan mendahulukan kepentingan orang. Namun jeleknya, ia jadi kurang inisiatif dan kurang termotivasi saat mengerjakan sesuatu untuk dirinya sendiri.

Terkadang orang plegmatis pemalu dan kurang suka bergaul. Tetapi bukan berarti ia tidak asik saat sudah mengenal. Ia adalah sosok yang hangat dan perhatian. Ia bisa menjadi pendengar yang baik karena emosinya yang dewasa dan stabil.

Kelebihan lain seorang plegmatis yang terkenal santai ialah daya tahan yang baik, kontrol diri yang baik, daya analisis yang baik. Meskipun ia kurang tertarik dengan perubahan dan cenderung pasif tetapi plegmatis adalah pribadi yang menyenangkan.

Perlu diingat bahwa setiap individu itu unik. Tidak semua orang memiliki kepribadian yang tetap, hal ini karena beban hidup serta lingkungan berpengaruh besar terhadap terbentuknya kepribadian atau karakter tersebut. Kadangkala terdapat seseorang dengan dua kombinasi kepribadian yang cenderung dimilikinya, misalnya koleris-sanguinis atau melankolis-plegmatis, dan sebagainya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *